Peduli Ponorogo, HMPS PMI Gelar Aksi Galang dana

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggelar aksi galang dana untuk korban longsor di Kabupaten Ponorogo, Senin (3/4). Mereka mengajak mahasiswa PMI angkatan 2014-2016 dan mengkordinir jalannya aksi.

Ketua HMPS PMI, Muhammad Ma’sum, mengatakan, aksi ini dilakukan agar mahasiswa PMI dapat belajar mengabdi kepada masyarakat. “Tidak hanya simpati tapi juga empati, terutama kepada saudara-saudara yang saat ini sedang mengalami musibah di Ponorogo. Kami (mahasiswa PMI) berusaha membiasakan diri untuk menjadi pekerja sosial,” katanya.

Sesuai kesepakatan rapat yang diadakan Minggu (2/4) di kedai Cofe bersama mahasiswa PMI angkatan 2014-2016, aksi penggalangan dana dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama mulai pukul 08.00 sampai 09.30, sementara gelombang kedua mulai pukul 09.30 sampai 11.30.

Tempat-tempat yang dijadikan sasaran untuk menggalang dana yaitu gedung depan dan gedung belakang. Gedung depan meliputi, Fakultas Dakwah, Fakultas Syari’ah, gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), gedung Unit Pengembangan Bahasa (UPB), dan perpustakaan. Adapun di area gedung belakang meliputi, Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora (FUAH), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan sekitar asrama mahasiswa.

“Kami tidak hanya menggalang dana kepada mahasiswa yang ada di depan kelas saja, tapi juga masuk ke kelas-kelas di setiap fakultas, meskipun pada saat itu proses belajar mengajar sedang berlangsung, tapi kami meminta izin untuk penggalangan dana,” ujar Khoirul Abdul Manan, Sekertaris HMPS PMI .

Khoirul menambahkan, uang dari hasil penggalang dana tersebut tidak hanya didapat dari mahasiswa tapi juga dari beberapa dosen, salah satunya dosen FTIK. “Saat kami masuk ke kelas-kelas, dosen yang berada di dalam kelas juga turut menyumbang,” ujarnya.

Selanjutnya, dana yang terkumpul akan disumbangkan dalam bentuk uang melalui mahasiswa PMI di UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA). “Rencananya hasil dana yang sudah terkumpul akan disumbangkan dalam bentuk uang melalui rekening Bilqis, salah satu mahasiswi PMI UINSA,” ujar Ma’sum. []