Massa Aksi IAIN Jember Batal Audiensi

Forum audiensi pada Jumat (8/9) setelah aksi demonstrasi pembubaran Dewan Perwakilan Mahasiswa-Institut (DPM-I) dan Badan Eksekutif Mahasiswa-Institut (BEM-I) IAIN Jember, Kamis (7/9) dibatalkan. Hal ini dikarenakan Sukarno, Wakil Rektor (Warek) III IAIN Jember belum pulang dari Bali.

Babun Suharto, Rektor IAIN Jember dalam tanggapannya pada Kamis (7/9) terkait audiensi mengatakan, Karno kembali ke Jember Jumat (8/9). Babun juga mengatakan bahwa ia akan menyampaikan gugatan-gugatan tersebut kepada Karno untuk dipelajari. Sesuai pernyataan Babun tersebut, massa aksi mempersiapkan materi untuk audiensi dengan DPM-I yang rencananya difasilitatori oleh Karno (8/9).

Pada Jumat (8/9) pukul 12.27 WIB massa aksi menerima konfirmasi pembatalan audiensi melalui WhatsApp (WA) dari Babun. “Warek III masih di Bali dan mas Maulana (ketua DPM-I) masih di luar kota,” ujarnya.

Pembatalan audiensi tersebut diterima setelah Jufriyanto, orator aksi, mengklarifikasi mengenai audiensi kepada Babun melalui WA sesudah sholat jumat. “Sampai saat ini masih belum ada kejelasan terkait kepulangan Karno dan kapan diadakannya forum audiensi dengan DPM-I, setelah dibatalkannya audiensi hari ini (8/9)” ujar Jufriyanto.

Sembari menunggu panggilan dari rektor terkait forum audiensi karena hari Jumat sudah dibatalkan, massa aksi tetap menyegel kantor BEM-I dan DPM-I serta akan melakukan rapat mengenai tindakan yang akan dilakukan selanjutnya. “Kami akan berkumpul dan mengadakan rapat terkait tindakan selanjutnya”, ujar Islah, Koordinator lapangan (korlap) aksi.[]