Komsi Gelar Pentas Study XIV

lorong pintu masukKomunitas Seni (Komsi) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember mempunyai agenda rutin untuk anggota baru setelah mengikuti diklat. Mereka diminta untuk mengaplikasikan materi yang diperoleh selama mengikuti diklat dalam bentuk beberapa acara. Di antaranya, pementasan teater, pameran seni rupa, penampilan tari dan pentas musik.

Tahun ini, aplikasi dengan nama Pentas Study XIV mengusung tema “Keanekaragaman Memahat Identitas Budaya Lokal”. Pembukaannya dilaksanakan pada Selasa (8/3), di Aula IAIN Jember dengan pementasan teater dan pameran seni rupa.Kemudian, keesokan harinya dilanjutkan dengan penampilan tari. Puncaknya, Senin (14/3), digelar pentas musik di lapangan basket IAIN Jember.

Ruwaida Zulfia Amalia sebagai ketua panitia menjelaskan, tujuan diselenggarakannya acara tersebut untuk menumbuhkan kembali budaya Indonesia. Dia menilai, budaya Indonesia sudah mulai hilang oleh budaya asing. Dia memberikan contoh, masyarakat semakin banyak menyukai musik hip-hop.

Pementasan teater ini tidak hanya dihadiri oleh anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember. UKM seni dari beberapa kampus juga turut hadir. Antara lain Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Politeknik Negeri Jember, IKIP PGRI Jember, dan IAI Ibrahimy Banyuwangi.

Ada tiket masuk yang harus dibayarkan oleh penonton yang bukan undangan. Tiket tersebut dibandrol sebesar Rp 5.000 untuk setiap acara yang berlangsung di Aula IAIN Jember. Sedangkan pentas musik yang berada di lapangan basket, nantinya, tidak ditarik tiket karena diperuntukkan untuk mahasiswa dan masyarakat umum.

Pementasan tari akan menampilkan sepuluh tari dari berbagai daerah. Komsi membawakan enam jenis tari yang sisanya akan dibawakan oleh UKM Seni dari universitas lain. Menjadi menarik adalah pementasan tari yang hanya khusus berasal dari Indonesia, bukan tari yang berasal dari luar negeri.

Panitia membuat dekorasi panggung musik dengan hiasan tembakau sebagai salah satu penghasilan tani masyarakat Jember. Untuk memeriahkan panggung, panitia menyiapkan dua belas band yang terdiri dari anggota Komsi. Pentas musik diagendakan akan berlangsung mulai 19.00 WIB sampai selesai.[]