Keberlanjutan Aksi Menghasilkan Kesepakatan

Keberlanjutan aksi demonstrasi yang berlangsung di depan Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, menghasilkan kesepakatan dari pihak demonstran dan pihak FTIK. Kesepakatan tersebut diperoleh dari hasil audiensi kedua belah pihak di Ruang Dekan FTIK.

Menurut koordinator lapangan aksi demonstrasi, Muhammad Nizar Bayhaqi, berdasarkan hasil kesepakatan, akhir bulan April 2018 pihak Fakultas akan mengadakan sosialisasi terkait Kuliah Kerja Nyata (KKN). Selain itu ia juga mengatakan, pihak Fakultas akan mengadakan serap aspirasi untuk membahas kurikulum FTIK tahun ajaran 2018/2019. “Nanti beberapa mahasiswa perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) akan diminta hadir dalam acara serap aspirasi,” tegasnya saat menyampaikan hasil kesepakatan kepada massa aksi.

Sementara untuk tuntutan terkait sarana dan prasarana, pihak Fakultas akan melakukan kinerja-kinerja untuk memperbaiki dan mengusulkan kepada pihak Institut. “Selama satu bulan ini kinerja Fakultas akan kami kawal, ada wacana apa dan ada perkembangan apa, hingga ada bukti dengan omongan mereka,” ujar Nizar. Ia juga mengatakan, jika pihak Institut tidak menanggapi upaya perbaikan dari pihak FTIK, maka mereka akan menuntut pihak Institut.[]