Dekan FTIK Tandatangani Surat Pernyataan Tuntutan

Koordinator lapangan (Korlap) aksi demonstrasi, Muhammad Anizar Bayhaqi membacakan tuntutan-tuntutan kepada pihak Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, disaksikan oleh massa aksi dan Dekan beserta ketiga wakilnya, juga kepala Program Studi (Prodi) FTIK. Usai sampaikan tuntutan, Dekan FTIK menandatangani surat pernyataan yang diajukan oleh massa aksi. “Kami menandatangani, tetapi yang akan dipenuhi adalah sesuatu yang menjadi ranah dan domain Fakultas,” ujar Abdullah, Dekan FTIK IAIN Jember saat aksi berlangsung (12/04).

Adapun tuntutan-tuntutan yang dibacakan pertama, meminta transparansi data anggaran Fakultas dan Prodi dibuktikan dengan draft rapat kerja (raker) dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ). Kedua, meminta penyempurnaan kurikulum, di antaranya mengenai kejelasan Kuliah Kerja Nyata (KKN), sistematika mata kuliah tahun ajaran 2018 serta penambahan dosen-dosen ahli sesuai dengan bidangnya tahun 2018. Massa aksi meminta agar kedua tuntutan tersebut dipenuhi dalam rentang waktu satu hari. Untuk tuntutan ketiga terkait sarana dan prasarana, massa aksi meminta laboratorium bahasa, ipa, biologi, matematika dan gedung Republik Mahasiswa (RM) FTIK dipenuhi dalam rentang waktu satu bulan.

Usai tuntutan disampaikan, terjadi dialog antar kedua pihak. Pihak fakultas, yakni Dekan beserta jajarannya menilai bahwa tuntutan yang ketiga salah ranah. “Soal pembangunan itu pihak Institut yang mengurusi,” kata Abdullah. Ia juga menyampaikan, ia keberatan dengan tuntutan ketiga sebab untuk pembangunan gedung dalam waktu satu bulan dinilai tidak rasional.

Menanggapi pernyataan tersebut, Nizar mengatakan, waktu satu bulan bukan rentang waktu untuk penyelesaian pembangunan, melainkan waktu pihak fakultas untuk mengajukan pembangunan gedung pada pihak Institut. “Prodi ipa, biologi dan matematika berdiri sejak tahun 2015, 3 tahun ngapain saja fakultas kok gak mengajukan,” ujar Nizar saat aksi.

Usai dialog antar kedua belah pihak, Dekan bersedia untuk menandatangani surat pernyataan tersebut. Kemudian ia meminta korlap aksi serta perwakilan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) FTIK untuk audiensi terkait pemenuhan tuntutan-tuntutan di ruang Dekan FTIK IAIN Jember.[]