Redaksi UPMMillenium.com menerima tulisan dari kontributor. Kategori tulisan mengacu pada rubrik yang kami kelola. Anda dipersilahkan mengirimkan tulisan sesuai rubrik, sebagai berikut:

1. Kolom

Rubrik ini memuat tulisan berupa artikel, opini, atau esai, panjang tulisan maksimal 800 kata.

2. IMAGILASI*

Rubrik ini memuat tulisan yang berisi kritikan, baik terhadap birokrasi kampus maupun pemerintah, tentunya kritikan yang membangun. Di samping itu, ada harapan dari penulisnya. Sebagai rujukan gaya penulisan rubrik ini, Anda dapat membaca tulisan ini: Penuh Rencana Tidak Mustahil. Panjang tulisan antara 500-700 kata.

3. Sastra (Cerpen/Puisi)

Ketentuan cerpen dan puisi:

a. Tema bebas;

b. Panjang tulisan (cerpen) 5-8 halaman;

c. Puisi yang dikirimkan antara 3 sampai 5 (judul puisi).

4. Resensi (Buku/Film)

Dalam rubrik ini tidak ada ketentuan khusus. Tapi diutamakan resensi buku/film yang mengispirasi. Panjang tulisan maksimal 800 kata.

 Syarat dan ketentuan (umum):

  1. Setiap tulisan yang dikirim ke Redaksi hendaknya dilengkapi dengan identitas diri (foto, dan akun media sosial);
  2. Seluruh isi tulisan yang dimuat adalah tanggung jawab kontributor, seperti hak cipta dan kevalidan data;
  3. Karya yang dimuat boleh didistribusikan kembali di segala media, minimal seminggu setelah dimuat. Kemudian menyertakan keterangan pernah ditayangkan di UPMMillenium.com;
  4. Redaksi berhak menyunting tulisan, selama tidak mengubah esensi isi tulisan;
  5. Tulisan yang dikirim sesuai dengan kaidah penulisan, disimpan dalam format .doc (bukan .docx).
  6. Kontributor bisa melampirkan ilustrasi grafis, tautan video, dan konten pendukung selain tulisan dengan menyertakan atribusi konten dan sumbernya;
  7. Tulisan dikirim ke email: persma.millenium@gmail.com dengan menambahkan subjek email: Nama Rubrik-Judul Tulisan-Nama Kontributor;
  8. Dengan mengirimkan tulisan dan materi pendukung lainnya, kontributor dianggap menyetujuhi syarat dan ketentuan berkontribusi di UPMMillenium.com.

*Sekilas Tentang IMAGILASI

IMAGILASI merupakan media alternatif yang dikelola oleh UPM Millenium. Pertama kali terbit pada 13 Desember 2011. Lahirnya media ini terinspirasi dari buku karya Andre Syahreza, seperti Black Interview, City of Fiction: Jakarta, 100-an Tahun Kemudian, dan The Innocent of Rebel: Sisi Aneh Orang Jakarta. Teknik penulisannya dikemas dengan gaya fiksi black comedy.

Slogan Imajinasi, Kritik, Krisis, menentukan arah geraknya sebagai media yang menyampaikan kritikan. Kritikan muncul karena adanya kebijakan yang tidak tepat sasaran. Sehingga kita berada dalam keadaan bahaya (krisis). Maka, sebuah kritikan perlu digaungkan – tentunya, kritikan yang membangun. Satu hal yang tak boleh luput, kritik disampaikan dengan kegilaan, serta menertawakan kebijakan itu.

Dan, di balik kritikan yang membangun itu selalu ada harapan, baik yang bisa direalisasikan maupun yang hanya bisa dibayangkan (fiktif). Keadaan yang dimunculkan dalam media ini, yakni menggabungkan antara keadaan di masa sekarang dengan keadaan di masa depan, bahkan sebaliknya. (Redaksi)

Top