Audiensi Gagal, Puluhan Mahasiswa Gelar Aksi

Dikarenakan gagalnya audiensi, puluhan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggelar aksi demonstrasi kepada pihak Fakultas di depan Gedung Fakultas Tarbiyah (T). Aksi berlangsung pada Kamis (12/4) mulai pukul 08.29 sampai 12.30 WIB dengan mengajukan tiga tuntutan.

Arfan Efendi, ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang juga massa aksi, menggatakan, aksi ini kelanjutan dari proses gagalnya audiensi yang berlangsung pada 10 April 2018. Ia menambahkan, audiensi tersebut hanya dihadiri wakil Dekan III FTIK. “Kami ingin melakukan aksi ini karena ketika semua wakil Dekan dilandingkan (dilayangkan) surat audiensi, yang datang hanya wakil Dekan III,” tegas Arfan.

Dalam Aksi tersebut, Mahasiswa mengajukan beberapa tuntutan, di antaranya terkait transparansi data anggaran, kejelasan kurikulum, dan sarana prasarana. Dekan FTIK IAIN Jember, Abdullah, dalam tanggapannya terkait tuntutan mengatakan, ia akan memenuhi semua tuntutan kecuali terkait sarana dan prasarana. “Terkait masalah sarana prasarana itu bukan wewenang kami, melainkan wewenang Institut,” ujar Abdullah.

Selain tiga tuntutan tersebut, puluhan mahasiswa juga menuntut bukti langsung berupa LPJ (laporan Pertanggung Jawaban) dan hasil Raker (Rapat Kerja) Fakultas. “Kami tidak butuh tanggapan, kami butuh LPJ dan draft Raker”, ujar Nizar, Koordinator Lapangan (Korlap) aksi.

Aksi Demonstrasi ditutup dengan adanya proses audiensi yang dilakukan oleh Dekan FTIK beserta wakilnya dan beberapa perwakilan dari aksi demonstrasi tersebut. Audiensi berlangsung sekitar 2 jam.[]